Kepekaan rasa
seni yang tinggi dimiliki siswa akan menjadikan anak didih atau siswa
tersebut mampu memberikan penilaian baik. Efendi (1982:10) Ada tiga ha! yang
perlu diperhatikan, pemahaman, dan sikap menghargai terhadap sastra,
yaitu:
1. Dengan
program ini diharapkan dapat memberikan keterampilan berbahasa dan berbicara.
2. Dengan
program ini, penyajian pola-pola kalimat yang dianggap sukar dalam dialog atau
bacaan, dilatih dengan teknik drill.
3. Dengan
program ini anak didik hendaknya memiliki kesenangan dari mempelajari sastra.
Keterkaitan
apresiasi dan ekspresi menjadikan audiolingual drama memberi manfaat kepada
siswa berupa penguatan (reinforcement) dalam pembelajaran sastra. Bagaimanapun
ekspresi menjadikan memberikan peluang kepada anak didik untuk mengalami sendiri
nasi! pengalaman apresiasinya sehingga makin mantap mengembangkan cipta, rasa,
dan watak kepribadiannya.
Audiolingual
drama akan mengalami perkembangan berarti setelah mencapai keberhasilan pada
anak didik dalam pengalaman sastra, serta peningkatan pengetahuan budaya.
Perkembangan audiolingual drama dapat ditunjang melalui penataan kajian drama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar